kamaimo kita orang ke Tanjung Karang..






Memang Indonesia penuh dengan tempat-tempat yang indah. Salah satunya adalah di daerah Sulawesi Tengah. Berjarak 34 km timur laut dari Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), Donggala merupakan salah satu kota tua yang menyimpan cukup banyak sejarah arsitektur Belanda. Pada masa kolonial, Donggala lebih dikenal sebagai kota pelabuhan dan perdagangan yang cukup sibuk. Kini kota tersebut menjelma jadi daerah tujuan wisata yang paling diminati di Sul Teng. Waktu menuju tempat itu pun tidak terlalu lama, hanya kurang lebih sekitar satu jam dari Palu.



Tidak jauh dari kota itu, tepatnya 5 km dari Kota Donggala terdapat objek wisata bernama Pantai Tanjung Karang. Pantai ini terkenal sebagai surganya penyelam dan pencinta snorkeling. Perjalanan menuju Pantai Tanjung Karang tidak terasa membosankan karena banyak pemandangan indah di sepanjang jalan.

Di pantai Tanjung Karang kita dapat menemukan pantai dengan suasana alami. Tanpa deretan toko-toko dan pusat perbelanjaan. Tanjung Karang bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menikmati liburan di alam bebas.



Tiba di Pantai Tanjung Karang, kaki langsung menapaki putihnya hamparan pasir putih. Sementara mata menatap jernihnya air laut yang berwarna biru karena terkena pantulan langit. Perpaduan keduanya, membawa Anda ke dalam suatu atmosfer yang berbeda. Semua wisatawan yang datang akan mengatakan, luar biasa.

Pantai Tanjung Karang memiliki lanskap yang unik. Di satu sisi, terdapat pantai landai dengan hamparan pasir putih dengan air yang dangkal. Di sisi lain, ada tebing tinggi dengan laut yang cukup dalam. Bagian inilah yang menjadi magnet bagi para penyelam dan pencinta snorkeling. Mereka tidak perlu susah-susah menyelam hingga dasar dan berenang hingga ke tengah laut. Hanya melangkah tiga meter dari bibir pantai, para pencinta snorkeling bisa melihat berbagai koleksi terumbu karang yang masih alami.



Dari pantai yang dinamai Tanjung Karang itu terlihat pula Kota Donggala, yang berjarak sekitar 3 km, dan sebagian wilayah Kota Palu serta desa-desa di pesisir pantai barat Kabupaten Donggala.

Bahkan kalau malam hari, suasana semakin indah sebab lampu penerang aneka warna dari kejauhan berkelap-kelip, selain sinar Mercusuar yang dibangun oleh Departemen Perhubungan di sudut tanjung ini.

Pokoknya, mantap sekali kalau anda berkunjung kesini. Jangan lewatkan pantai ini, jika anda ke Sulawesi Tengah.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar